Selasa, 20 Februari 2018

Tips dan Cara Membuat Paper Bag / Tas Kertas

Paper bag apa sih? Mungkin bagi sebagaian orang ada yang belum mengetahui apa itu paper bag, paper bag bisa juga diterjemahkan tas kertas (dalam bahasa Indonesia) yang artinya tas yang terbuat dari bahan kertas, untuk kebutuhan kemasan sebuah produk mapun untuk kebutuhan yang lain. Baiklah, dalam kesempatan kali ini, saya akan membagikan ringkasan sederhana tips dan cara untuk membuat tas kertas sendiri. 
Sebelum membuat paper bag alangkah baiknya kita mempersiapkan beberapa bahan seperti;
1.  Kertas (bisa kertas apa saja yang pentong bisa kita tandai untuk potongan dan ukuran)
2. Penggaris dan pensil atau bulpoint
3. Siapkan guntig atau pemotong kertas
4. Lem atau bisa juga menggunakan double tape
5. Siapkan juga pembolong kertas dan tali (bisa menggunakan tali spatu atau yang lain)

Potong dan Garis Paper bag sesuai dengan ukuran yang akan kita buat
Contoh: kita akan membuat paper bag dengan ukuran panjang 15 x tebal 5 x tinggi 20 cm.  

Cara membuat paper bag
Kali ini saya akan jelaskan untuk pembuatan paperbag dengan ukuran jadi 15 cm X 20 cm dengan ketebalan 5 cm. Pertama siapkan dulu penggaris pisau cuter dan kertas tentunya. Mari kita mulai dengan tanda garis putus (berwarna merah) di atas (menunjukan rel atau tanda yang akan dibentuk untuk lipatan), sedangkan yang bersambung atau sisi paling luar adalah batas potongan.
Coba perhatikan angka-angka pada gambar cara membuat paper bag di atas, berikut penjelasannya:

(1) Adalah panjang dan ketinggian dari ukuran yang kita inginkan ( panjang 15 x tinggi 20 cm.
(2) Adalah ukuran untuk bisa dimasukan kedalam paper sebelum dilakukan pembolongan untuk tali gantungan, lebarnya kurang lebih 3 s.d. 4 cm.
(3) bagian ini adalah untuk ketebalan ( 5 cm).
(4) bagian ini tidak memliki peran untuk pelipatan saat akan melakukan pengeleman tahap akhir, yang perlu diingat ketinggian bidang ini harus sama dengan setengah dari ketebalan ukuran paperbag yang akan kita buat, dimaksudkan untuk mengasilkan garis tengah dengan kemiringan 45 derajat.
(5) untuk bagian ini fungsinya untuk pengeleman untuk membuat paperbag ini menjadi sebuah kotak, lebarnya bisa 1 s.d. 2 cm.
(6) bagian ini adalah sisi bawah dari paper bag jika sudah jadi. Ukurannya harus lebih dari dari lebar setengahnya angka (3) dimaksudkan untuk pengeleman tahap akhir.

Begitulah saya rasa ringkasan sederhana tips dan cara dalam proses pembuatan paper bag atau tas kertas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar