Selasa, 04 September 2018

Karakteristik dan Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

Memahami Beberapa Karakteristik Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

Kertas merupakan faktor terpenting dalam dunia percetakan atau offset, tentu tidak dinamakan offset jika bahan yang digunakan bukanlah kertas. Karena itu menjadi penting untuk memahami karakteristik jenis kertas yang sering digunakan atau sekadar menambah pengetahuan mengenai dunia offset. Dalam dunia percetakan ada banyak sekali jenis kertas yang dapat dipilih/dicetak menjadi sebuah produk, hal ini tentu dipilah berdasarkan fungsi dan tujuannya. Artinya untuk mendapatkan hasil yang bagus harus menggunakan kertas yang mahal, padahal tidak selamanya begitu. Berikut beberapa karakteristik jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan.

1. Kertas HVS
Kertas HVS merupakan jenis kertas yang paling umum dan terkenal, kertas jenis ini sangat sering digunakan dan banyak dijumpai di toko-toko kecil sekalipun. Kertas yang populer digunakan untuk foto copy dan mencetak dokumen karena teksturnya yang tidak terlalu halus. Kertas jenis ini dibuat dari bubur kertas yang tidak mengandung lignin atau perekat antar serat di dalam pohon. Kertas HVS juga dibagi lagi dalam beberapa kategori, mulai dari ukuran A0 sampai A10 dan berat 70 gram sampai 310 gram, namun gramasi yang umum dan tersedia dipasaran adalah 70gr, 80gr, dan 100gr.

2.  Kertas NCR
Kertas NCR merupakan kepanjangan dari Non Carbon Required, yang sebagian orang menyebutnya dengan istilah kertas karbon. Meskipun sejatinya kertas ini dibuat untuk menggantikan kertas karbon, karena secara fungsi kertas karbon dan kertas NCR sama, yaitu untuk menyalin tulisan. Kertas jenis ini ada berbagai warna, bertekstur lembut dan sangat tipis, banyak dijumpai/digunakan untuk pembuatan nota, kwitansi dan bukti transaksi lainnya.

3. Kertas Jasmine
Kertas yang memiliki tekstur sedikit efek glitter pada permukaannya. Kertas jenis ini sering digunakan untuk mencetak undangan karena karakteristiknya yang unik sehingga memberikan kesan mewah. Kertas jenis ini juga bisa dijadikan amplop untuk keperluan kantor, meskipun harga kertas jasmine terbilang lebih mahal dari pada kertas art cartoon atau fancy paper

4. Kertas Samson / Kraft  
Kertas ini merupakan kertas dari hasil daur ulang. Kertas samson atau kraft memiliki perbedaan meskipun sebgian orang memilih untuk menyamakannya. Jika dilihat dari karakteristiknya kertas samson memiliki tekstur halus/ licin pada bagian luar dan dalam. Namun, untuk kertas jenis kraft memiliki tekstur kasar pada bagian luar dan dalamnya. Kertas ini berwarna coklat pada bagian luar dan coklat pudar pada bagian dalamnya. Memiliki gramsi mulai dari  70 gr 80 gr, 100gr, 125gr, 150 gr, 200gr, hingga 220 gr. Kertas jenis ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan paper bag.

5. Kertas Duplex / Marga
Jneis kertas yang paling sering digunakan untuk box makanan atau kemasan makanan, seperti kotak nasi, kotak brownies, atau juag kotak snack. Karakteristik kertas jenis ini memiliki warna putih pada bagian luar dan berwarna abu-abu pada bagian dalamnya. Memiliki tekstur halus pada bagian luar sehingga mudah untuk dicetak warna. Kertas duplex memiliki beberapa jenis gramasi, mulai dari 230gr, 250gr, 270gr 300gr, 350gr, hingga 400gr.
 
6. Kertas Art Paper dan Art Cartoon
Kertas art papeer sering juga disebut dengan kertas HVS premium karena permukaannya yang halis/licin. Kertas jenis ini sering digunakan untuk mencetak brosur dan juga kalender. Gramasi kertas jenis ini mulai dari 85 gr sampai 190 gr. Kertas art cartoon memiliki striktur atau teksur mirip dengan art paper, namun lebih tebal dan berat. Kertas art cartoon biasanya digunakan untuk cetak kalender, paper bag, undangan, kartu nama, cover buku, dan katalog. Gramasi art cartoon mulai dari 210 gr hingga 400 gr.

5. Kertas Ivory
Kertas ivory memiliki tekstur mirip dengan art carton dan art paper. Namun warna kertas ivory lebih buram dan hanya satu sisi yang permukaannya licin. Gramasinya juga sama dengan kertas art caroon mulai dari 210 gr hingga 400gr.  Jenis kertas ini sangat cocok untuk poster, buku agenda dan kemasan produk makanan seperti paper tray atau box kebab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar